Terlalu Asin!! Ooh Tidak …

Pernah mengalaminya, nggak?
Masakan ternyata terlalu asin.
Berasaa banget deh pasti, yang namanya capek dan repotnya memasak jadi makin campur aduk..
Haha.. Saya kasih tips yaa.. Agar suatu saat nanti, jika kebetulan masakan anda ternyata terlalu asin, anda bisa berkata.. “Ooh tidak masalaaah… ”😉

Berdasarkan kisah nyata aja yaa, berarti ini tips sudah diuji dan terbukti manjur😀
Hmm.. mulai dari mana, yaa ceritanya..

Saya ini sebenernya senang memasak lho.. Cuma jarang klop aja antara waktu dan mood memasak :p
Lebaran beberapa tahun yang lalu, pernah tuh, saya mood banget, sampe mau-maunya pergi ke pasar tradisional, berbelanja! Yang dimasak cuma satu jenis, sih.. Rendang. Itu jg cm 2 kg daging kalo gak salah inget.

Naaah..namanya juga jarang masak, yaa.. Begitu sekali2nya masak, walopun secara teori sudah khatam, tetep aja, namanya action itu memang beda. KEASINAAAA…..NNN!😦
Artinya saya menambahkan garam melebihi dari jumlah yang seharusnya.
Sedihnya lagiiii…. Baru nyadar kalau itu rendang keasinan, setelah rendang mateng! Duh! Mau diapaiiiin coba?
Ditambahin air mungkin bisa mengurangi rasa asin yg ada, tapi bukanlah rendang namanyo kalau modelnya berkuah-kuah begitu… :p
Sediiiih banget deh! Banget banget!
Mending makan masakan yang kurang garam, dari pada yg kebanyakan garamm, iya, kaan?
Dibuang sayang, dimakan gak tega..
*gak tega maksanyaa hahaha..

Untungnyaaa…. Saya punya bekal teori yang cukup banyak niiih, untuk masalah2 seperti ini..
KENTANG!
Kentang2 itu memang bener2 rela berkorban deh, demi rendang saya😀
Yang saya lakukan adalaaah, menambahkan air lagi ke dalam rendang, menambahakan beberapa potong kentang, dan kembali memanaskan rendang sampai tidak berkuah lagii😉
Hasilnya?
Rendang saya tidak berasa terlalu asin lagi, melainkan “LEZAT”.

Apa yang terjadi?
Haha… Semua garam yg berlebih tadi diserap oleh pasukan kentang😀
Hasilnyaa, ketika ada yang mencoba kentang rendang saya.. Komplennya: “keasinan, nih” sementara yang memakan daging rendangnya, kesannya: “Enaaaak” :p
Jadi, teman2… Jika suatu saat masakan anda terlalu asin.. Katakan “Ooh tidak masalah…. Ada kentang!”
Hehe, tentu sajaa, selesai masak, kentangnya gak usah disajikan yaa..

2 thoughts on “Terlalu Asin!! Ooh Tidak …

  1. Iya bener mba,aku sudah coba,barusan aq ngerendang ke asinan,aq ikutin cara mbak,tapi aq tambahin lg bumbu jadi mba,tambar air dan kentang,alhasil rasanya jd gak asin lagi,malah makin maknyus…hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s