Mengobati Cacar Air

cacar air

cacar air

Alhamdulillah, anak-anak sudah sembuh dari cacar airnya.
Sekarang saya baru hendak bercerita tentang pengobatan cacar air deh🙂.
Obat apa saja yang saya berikan ketika anak2 terkena cacar air?
Jawabannya: Hanya penurun panas. Lain tidak.
Cacar air merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus, dan itu berarti akan sembuh dengan sendirinya tanpa antibiotik, seiring dengan kekebalan tubuh anak.
Awalnya juga ragu ya.., apalagi melihat cacar anak2 begitu “tidak indah dipandang”..
Tapi karena tidak ada tanda2 kegawatdaruratan (dehidrasi, infeksi sekunder, dll), kekhawatiran itu tidak beralasan. Jadi tetap tenang.

Mandi nggak, mereka?
Ya tentu. Mandi. Itu harus, untuk menjaga kebersihan kulit. Mandi 2x sehari dengan sabun antiseptik atau cairan antiseptik. Ada masa ketika luka cacar begitu sensitif, hingga untuk menggosok badan dengan sabun menjadi sulit, gunakan air yg mengandung antiseptik.
Dan untuk mengurangi rasa gatal2, saya memberikan bedak yang mengandung zinc oksida. Bedak jaman dulu.

Proses penyembuhannya berapa lama?
Untuk ketiga anak2 saya, 5 hari.
Sebelumnya, anak2 agak demam, tapi tidak tinggi. Untuk anak pertama saya, karena dia sudah agak besar, demamnya sudah cukup membuat tidak nyaman, dan membuat dia tidak ingin sekolah. Tapi untuk dua anak baliita saya, mereka tidak terlalu terganggu dengan demamnya, tetap beraktifitas seperti biasa.
Begitu satu cacar muncul di tubuh/wajah, perhitungan hari di mulai deh.. Luka cacar akan terus bermunculan, walaupun di hari ketiga sudah ada yang mulai mengering, tapi penambahan cacar tetap ada sampai hari ke empat.
Hari kelima, mulailah masa pemulihan. Luka cacar tidak ada penambahan, luka yang ada mulai mengering satu persatu, deman tidak lagi muncul.

Cobaan berikutnya dimulai deh…
Namanya luka yang muali mengering, siapa yang tidak tergoda untuk menggaruknya? Hihihi…
Lebih mudah melarang “garuk” ketika luka masih basah…karena tersentuh juga memang sakit.
Ketika luka mulai mengering, rasa sakit sudah tidak ada.. Anak2 kecil itu hobinyaa menggaruk luka cacar yang kering deh…padahal kata orang2 luka bekas cacar itu berbekas sekali yaa..

Oiyaa, ada sedikit tips untuk menghilangkan luka bekas cacar, yaitu dengan mengunakan parutan jagung muda.
Jagung yang dipakai jangan jagung manis yaa, nanti dikerubutin semut🙂
Jadi, jagung biasa yang masih muda (bukan jagung baby) diparut biji2nya, kemudian parutannya itu di oleskan ke luka cacar.
Lakukan di pagi hari, karena nanti luka jadi mengelupas. Kalau malam hari nanti kotorannya berjatuhan di tempat tidur.
Parutan jagug muda ini, selain berfungis untuk melepaskan bekas luka, juga mengurangi rasa gatal2 daaan.. Meminimalkan adanya bekas luka cacar.
Hendak mencoba mengobati bekas luka cacar air dengan jagung?
Cari jagung mudanya yang agak repot yaaah😀

10 thoughts on “Mengobati Cacar Air

  1. saya dalam fase penyembuhan luka cacar, akan tetapi ada luka cacar yg mengering dan tidak sengaja terkelupas saat melepas baju. otomatis luka yang terkelupas yang secara tidak sengaja timbul, saya takut bekasnya tidak bisa hilang atau akan menimbulkan bekas gopel/lubang di kulit/wajah saya. Bagaimana cara saya mengatasinya? apakah bisa di sembuhkan dan bisa hilang bekas lukanya? terima kasih.

    • Maaf agak lama responnya ya..
      Beberaa alternatif yang bisa dicoba untuk mempercepat penyembuhan bekas luka, diantaranya:
      1. Minyak. Minyak Vitamin E yang paling banyak di rekomendasikan, caranya cukup mengoleskan minyak pada kulit/bekas luka. Selain itu bisa di coba juga menggunakan minnyak kelapa atau minyak zaitun. Kedua minyak ini juga bagus untuk kulit.
      2. Vitamin K. Mengkonsumsi Vitamin K atau Multivitamin/suplemen akan membantu proses pemulihan pada kulit.
      3. Jeruk lemon. GUnakan irisan jeruk lemon untuk menggosok bekas luka cacar.
      4. Perbanyak mengkonsumsi air putih. Air membantu membersihkan racun tubuh.
      5. Madu. Oleskan madu pada luka, biarkan kurang lebih satu jam sebelum di bilas/bersihkan.
      sumbernya: fastchickenpoxcure dot com/blog/how-to-remove-chicken-pox-scars/

      Jika ingin lebih ringkas dan praktis, dokter bisa meresepkan krim yang bisa membantu🙂

    • yang penting jangan di garuk dan jaga kebersihan kulit. Dalam beberapa hari akan mengering. Kalau anakku, total dari awal sakit sampai mengering antara 2-3 minggu.. Ada beberapa luka yang belum kering benar nggak sengaja di garuk, hehe😀

  2. Haloo mb vega… Ak eni (30 tahun) tp baru aja kena cacar, udah 5 hari. Cacar yg baru si kayane udah ga keluar tinggal yg kemarin udah mulai layu tp blm kering.
    Mukaku bopeng2 krna sebelumnya ak gak tau kalo itu cacar air, mungkin waktu tidur ga sengaja kesenggol.
    Kpn bisa dipraktekin itu pake ramuan jagung mudanya, emang kalo jagung manis ga bisa ya bu…
    Galau saya dah 5 hari ga bisa cium anak, bobo sendirian, gendong juga ga bisa, mau brangkat kerja malu…

    • Waaaa… Mba Eni salam kenaaaal… gimana cacarnya? Maaf baru bales nih.. hiks..
      Kl yang tau (dari yang sepuh2 hehe), begitu luka mulai mengering sudah bisa di pakai, karena jagung muda itu bisa mempercepat proses keringnya.
      Tapi apa nggak ribet nyari jagung mudanya?

  3. mba aku mau nanya, cacarku udah kering dr 3/4hari yang lalu tp ga kelupas2 juga nih. malu bgt aku buat keluar2. huhu, kira2 ini kelupasnya tunggu brp lama ya?

    • Waaah… Kalau mengelupasnya tunggu bener bener kering mba. Semingguan kl gak salah ingat. Seperti luka biasa. Tapi hilang bekasnya yang lamo nian >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s