Menghitung Waktu

Tidak lebih dari sepuluh menit

Tidak lebih dari sepuluh menit

Saya termasuk orang yang bermasalah dengan “Manajemen Waktu”. Tapi untuk tulisan ini, saya mencoba menghitung waktu. Waktu saya yang terbuang untuk membersihkan kipas angin.🙂

Pernah punya kipas angin?
Kalau pernah pastinya tau juga betapa cepatnya debu menempel pada kipas dan jeruji2nya. Efeknya selain tidak indah dilihat dan berkurang rasa angin dinginnya, untuk orang yang sensitif terhadap debu, hidung menjadi lebih mudah mampet ketika terkena angin hembusannya.
Konsekuensinya, membersihkan kipas angin, menjadi rutin saya lakukan paling tidak sebulan sekali, atau ketika kipas sudah mulai terlihat kotor.
Tapi sesekali karena buruknya manajemen waktu saya, rutinitas itu tidak terlaksana, tepat waktu, dan jadwalnya sering mundur sampai 2-3 minggu.
Seperti halnya kali ini, saya menunda membersihkan kipas angin, sampai lebih dari 2 minggu. Dan ketika semangat itu muncul tadi pagi, saya terinspirasi untuk menghitung waktu yang terpakai untuk membersihkan kipas angin.

Berapa lama yang saya perlukan untuk aktivitas membersihkan kipas angin? Berikut rinciannya:
Sekitar 1 menit 30 detik untuk melepas bagian2 kipas.
Sekitar 3-5 menit utk mencuci bersih bagian kipas.
Sekitar 1 menit 30 detik untuk melap dan memasang kembali menjadi kipas siap pakai.
Jadi total waktu yang saya perlukan hanya 6-8 menit.
Anggaplah 10 menit, dengan waktu mengambil obeng dan membawa kipas ke sana ke mari.
Dan ketika menghitung waktu saya selesai, perenungan pun dimulai.

Saya mulai menghitung berapa lama saya menunda kegiatan singkat membersihkan kipas itu. Dua minggu saja. Dan selama dua minggu itu setiap hari mata memandang kipas kotor dengan rasa bersalah tak berdaya, dan tidak nyaman.
Jika 2 minggu itu 14 hari, sedangkan 1 hari adalah 24 jam, dan setiap 1 jam itu 60 menit. Hmm…sebentar, saya menghitung waktu dulu..

Ternyata total waktu yang saya habiskan untuk merasa bersalah, tak berdaya, dan tak nyaman adalah: 20160 menit (14 hari x 24 jam x 60 menit).
Sementara waktu yang saya habiskan untuk membersihkan kipas angin, tidak lebih dari 10 menit saja.
Dan biasanya bersihnya kipas bisa bertahan sekitar 3 minggu, sebelum mulai terlihat kotor di minggu ke empat.
Total waktu saya bisa menikmati kipas angin bersih adalah 30240 menit.
Semua hanya karena membersihkan kipas selama 10 menit.

Dan saya merenung lagi, menghitung waktu kerugian saya, karena menunda-nunda kegiatan yang hanya 10 menit. Mendadak kalimat bijak “Jangan tunda sampai besok, apa yang bisa kita kerjakan hari ini” begitu benar rasanya. Betapa waktu begitu bernilai.

Leave a Reply

