Kolak Pisang Istimewa

Kolak Pisang Istimewa

Kolak Pisang Istimewa

Judulnya menggiurkan ya: Kolak Pisang Istimewa. Yup! Saya berani mengakui, kolak pisang buatan saya istimewa, dalam hal rasa. Makin sering berlatih, bisa makin ahli, itu benar sekali. “Practices make perfect”. Akhir-akhir ini saya memang sering membuat kolak pisang. Walaupun tidak pernah gagal, namun ternyata ada rahasianya, ada formulanya, ada syaratnya agar kolak pisang menjadi lebih istimewa. Kuah kolak terasa segar, gurih, manis, kental, tapi tidak enek. Formula rahasia itu terbongkar setelah saya berulang-ulang kali membuat kolak pisang! Jreng Jreng!!!

Mari kita bahas yaa…Apa rahasia Kolak pisang Istimewa saya?..Silahkan telan dulu air liur anda… Rahasianya adalah…..tidak ada rahasia!😀
Membuat kolak pisang, sesederhana merebus potongan pisang dan ubi dalam larutan gula merah, kemudian diberi sedikit garam dan terakhir ditambahkan santan. Jika ingin aroma lebih sedap, bisa tambahkan daun pandan untuk penambah aroma. Itu saja.
Begitu cara membuat kolak pisang.

Nah, bagaimana agar menjadi kolak pisang istimewa?
Rahasianya pada pemilihan bahan-bahan.
Pisang, sebagai faktor utama, sangat menetukan rasa kuah kolak. Hasil paling nikmat adalah menggunakan pisang tanduk. Silahkan mencoba dengan berbagai jenis pisang: Raja, Uli, Kepok, Tanduk, dll, dan buktikan sendiri kenikmatan yang berbeda. Untuk saya, pisang tanduk paling nikmat. Pisang tanduk meninggalkan rasa dominan kecut segar yang khas, sangat serasi melengkapi rasa santan kelapa yang enek. Sementara ubi tidak terlalu memberikan tambahan rasa. Justru rasa kuah yang pekat akan meresap kedalam ubi, menghasilkan ubi yang empuk dan manis.
Satu hal lagi, yang cukup penting adalah gula merah. Gula merah juga sangat mempengaruhi rasa kuah kolak.
Selama ini saya selalu mencairkan gula merah dengan air secukupnya, dan menyaringnya, sebelum masuk ke dalam bahan kolak pisang. Satu hal dalam proses pencairannya, gula merah baru akan saya angkat dari api setelah aroma karamel gula merah tercium di udara. Jadi tidak begitu cair semua langsung saring. Tunggu sesaat lagi sampai beraroma karamel.
Nah, ternyata jugaa… Pemilihan jenis gula merah menentukan rasa kuah kolak. Pilihlah gula merah sebisa mungkin yang bukan berasal dari tebu. Paling tidak dari pohon aren, itu sudah cukup nikmat. Tapi kalau bisa dapat gula merah dari kelapa… Itu bisa lebih nikmat lagi. Yang pasti, jangan pelit-pelit dengan gula merah, karena gurih rasa gula merah menyumbang rasa gurih dan memberikan kenikmatan tersendiri. Di lain tulisan kita bahas khusus tentang gula merah, ya.

Berikut cara pembuatannya:
1. Cairkan gula merah dengan air secukupnya, panaskan hingga beraroma karamel, saring, masukkan ke dalam panci.
2. Tambahkan air seperlunya, panaskan, masukkan potongan ubi, kemudian potongan pisang tanduk biarkan sampai pisang terlihat matang. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan daun pandan jika ada.
3. Terakhir tambahkan santan, aduk sebentar saja, matikan api.
Selamat menikmati.

Yang malas mencoba, silahkan menikmati foto-foto kolak pisang istimewa saya saja, yaa …hmm nyummy…🙂

2 thoughts on “Kolak Pisang Istimewa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s