Mental Block

Sebenarnya sudah dari Maret kemarin ingin menulis ringkasan hasil seminar Mental Block Breaker bersama Bang @Jayteroris. Memang banyak alasannya sih, kenapa akhirnya baru menulis sekarang😀 *alasan klise tentunya*, jadi tidak perlu dibahas. Langsung  materi seminar saja yuuuk…. Semoga yang saya tulis bisa bermanfaat bagi yang membaca.

Seminar #MentalBlockBreaker @JayTeroris Sabtu 16 Maret 2013. Salah satu seminar gratis tapi banyaaak banget yang didapat.
Sekedar pertanyaan pembuka niiih, coba jawab sendiri, dalam hati..

Kehidupan seperti apa yang teman-teman inginkan ?
a. Berkecukupan
b. Pas-pasan

Apa yang kita inginkan dalam hidup ?
a. Kesejahteraan Hidup
b. Kesengsaraan hidup

Bagaimana teman-teman dapatkan kesejahteraan hidup itu ?
a. By Design (dengan rencana)
b. By Accident (kebetulan)

Naaah, sekarang, jlingkran-mental-blockika teman2 di suruh untuk menuliskan sebuah titik pada gambar … Di manakah letak titik itu akan teman2 buat??

Hayoo.. di mana kira2, ya? Tengah2 lingkaran? pinggiran, luar lingkaran? atau mungkinbahkan di luar gambar?

Perjuangan manusia sepanjang hidup adalah menyesuaikan besar lingkaran dengan titik. Bisa dikatakan, jika titik itu adalah diri kita, dan lingkaran adalah keidupan/pencapaian kita, maka dalam setiap fase hidup, kita pasti memiliki mental block. Dan hanya ketika kita berhasil mengalahkan mental block itu, kita bisa maju dan memperbesar pencapaian kita. Naaah, bagaimana cara mengalahkan mental block diri sendiri? Mari lebih melihat kedalam diri dan jujur pada diri sendiri, lakukan step-stepnya:

1. Cari tau, kenali apa mental block diri sendiri. Silahkan membuat daftar : Masalah yang mungkin anda hadapi untuk mencapai cita-cita anda. Apakah itu bakat, ketrampilan, rasa takut, kesehatan, keturunan,dll.
2. Kemudian pahami, di level yang manakah mental block kita, dan singkirkan dengan solusi:
• Tidak bisa —> solusinya: belajar. Tidak bisa merajut,?Belajarlah nanti pasti jadi bisa.
• Tidak mungkin –> solusinya: cari buktinya. Misalnya cari sebanyak mungkin orang yang bisa sukses walau nggak pernah juara kelas.
• Tidak mau –> solusinya: tunggu sampai mau🙂 . Misalnya, kalau memang nggak mau bisa membuat baju sendiri, yah nggak usah capek-capek belajar menjahitlah.

Dan diantara banyak cara-cara membuang mental block (mental block breaker) adalah:

  1.  Breaking The Rules, cobalah melakukan yang tidak biasa.
  2. Ketika kita berhadapan dengan masalah, selalu bertanya pada diri sendiri:  “Siapa yang lebih besar, aku atau masalahku?”
  3. Terapkan jurus sederhana: Pasang Target Tinggi (lingkaran); Kenali Diri (Titik); dan Action!
  • Pasang Target Tinggi: Tidak ada orang yang MALAS. Yang ada adalah orang yang tidak punya tujuan.
  • Kenali Diri: Tidak pernah ada joki yang tidak mengenal kudanya, yang memenangkan lomba pacuan kuda
  • Action: Jebakan kerja  cerdas.

Dibahas juga persamaan antara manusia dan pesawat terbang: sama-sama memiliki 2 sistem kendali: Manual dan Autopilot. Kondisi Autopilot pada pesawat itu seperti kondisi ketika kita berada di zona nyaman, segala sesuatunya sudah diprogram, dan tidak membutuhkan ekstra usaha untuk melakukan perubahan. Sementara kondisi Manual, itu ketika kita berusaha keluarg dari zona nyaman. Nah… bagaimana caranya kita keluar dari zona nyaman? PAKSAKAN DIRI. pindah sistem kendali menjadi manual. kira-kira begitu..

Demikian sekilas isi seminar Mental Block Breaker Bang @JayTeroris. Sebenernya banyak banget isinya, saya saja mencatatnya sampai kelabakan.. eh sekarang catatatnnya entah di mana.. (jadi ini bener2 seingetnya yaa). Tapi… jika ingin mendownload presentasinya, ada kok, bisa langsung ke website komunitas suksesmulia dan search: mental block breaker di sana🙂

Kita harus bisa mengenali diri sendiri untuk bisa menemukan apa mental block kita. Nggak punya mental block? belum tentuu.. karena dalam setiap fase kahidupan akan selalu ada mental block jika kita ingin terus berkembang.  Kenali diri, temukan mental block diri sendiri, lalu, berjuanglah untuk bisa mengatasinya.🙂

#BelajarBerkaryaBerbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s