Tabrakan Maut Kereta di Bintaro Pd Betung

Benarkah tabrakan maut antara KRL commuterline jurusan Serpong-Tanah Abang dengan truk pengangkut elpiji bernomor polisi B 9265 SEH di perlintasan Pondok Betung, Jakarta Selatan, disebabkan karena palang pintu kereta tidak berfungsi? Atau sopir truk tidak mengabaikan sirine kereta dan menerobos pintu perlintasan? Berdasarkan informasi warga sekitar kejadian, Truk tersebut mengabaikan sirine kereta yang sudah berbunyi, dan saat berusaha melintas, truk pengangkut BBM itu tiba-tiba mogok. Sementara kereta api jurusan Serpong-Tanah Abang tengah melaju dari arah Bintaro. “Kereta akhirnya menabrak bagian pantat truk,” kata warga Pondok Betung yang kediamannya tak jauh dari lokasi kejadian ini.

Insiden mengenaskan yang terjadi pukul 11.15 WIB pagi tadi mengakibatkan truk meledak dan 2 gerbong kereta terbakar hebat, salah satunya gerbong khusus wanita. Kejadian tersebut menyisakan api yang membara antara kereta dan truk, dan sebuah sepeda motor yang berada di dekat lokasi kejadian. Hal sudah pasti memicu kemacetan luar biasa di sekitar pondok betung dan juga di bintaro.

Setidaknya sudah ada 6 korban yang tewas, dan sebagian besar ditemukan dalam keadaan hangus. korban yang tewas dikarenakan terjebak dalam gerbong kereta yang terguling, sehingga sulit mengakses pintu keluar. Sebagian besar korban adalah anak-anak dan wanita, karena gerbong pertama memang khusus wanita dan anak-anak. Tidak diketahui bagaimana kondisi gerbong saat itu, apakah padat penuh penumpang atau sepi. Namun diperkirakan korban tewas masih akan bertambah karena evakuasi belum selesai, dan masih banyak korban yang terjebak di dalam.

Masinis yang bertugas di KA 1131 meninggal dunia atas nama Darma, usia sekitar 40 tahun; jumlah korban tewas diperkirakan masih akan bertambah. Puluhan korban luka di antaranya dirawat di RS Dr Suyoto, Rumah Sakit Veteran, Rumah Sakit Fatmawati, Rumah Sakit Bintaro, dan Rumah Sakit UIN Syarif Hidayatullah.

Akibat insiden tersebut, hari ini diberlakukan perjalanan satu jalur perlintasan saja untuk kereta api lintas Tanah Abang-Maja, secara bergantian. Dapat diperkirakan akan terjadi penumpukan penumpang karena hal ini.

gambar gerbong yang terbakar di perlitasan kereta

gambar gerbong yang terbakar di perlitasan kereta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s