Memahami Algoritma Hummingbird Google |SB1M | Agung Saputra

Materi Sekolah Bisnis 1 Milyar Kamis lalu, 16 Januari 2014 sarat info. Sharing dari Mas Agung Saputra, membahas tentang algoritma Hummingbird Google yang terbaru.  Ternyata banyak hal yang menurut saya sangat menguntungkan para passionate blogger. (Semoga saya termasuk passionate blogger hihihi ^_^ )

Nah sebenarnya ada 23 point yang perlu diperhatikan, namun Kamis lalu hanya dibahas poin 1 s/d 6, bersambung ke pertemuan SB1M selanjutnya di Gd BRI 2 Sudirman, hehee..
Langsung ya, kita bahas poin2 penting untuk memahami algoritma hummingbird googlenya🙂

1. Unik & Fresh (segar/baru maksudnya)
Dalam hal ini tidak hanya judul artikel kita yang harus unik dan sama sekali baru, namun juga isi artikel.
Bagaimana memilih judul yang unik? Bisa menggunakan kata kunci yang diturunkan menjadi panjang, kemudian beri tambahan lagi 1-2 kata sebagai pembeda.
Contoh:
Cara Langsing Alami Dengan Program Detox 20 Hari
Kata kunci yang di kejar: cara langsing alami
Yang menjadikan judul itu unik & fresh: program detox 20 Hari
Yang harus dibahas dalam artikel adalah tentang program detox 20 hari
Sedikit tips dari Adryan Fitra, untuk memastikan judul kita unik, coba search allintitle judul yang hendak kita pakai. Jika hasil pencarian google tidak ada, berarti unik, dan akan lebih mudah merangking ^_^

2. Result
Hasil pencarian yang diberikan google akan semaksimal mungkin membaca keinginan pengunjung, dan semaksimal mungkin memudahkan juga.
Contoh, seandainya kita ketik di google:
Give me some picture of red shoes
Hasil yang akan ditampilkan adalah gambar sepatu berwarna merah.
Atau ketika kita mengetik nama lokasi, atau hendak mencari ukuran panjang, maka hasil pertama yang ditampilkan adalah peta geo-location, atau hasil konversi satuan panjang yg kita perlukan.
Google berusaha memudahkan pengunjung, hingga mereka tidak perlu berlama-lama mencari.

3. Page Rank
Page Rank tidak terlalu di pentingkan sekali oleh google, dan cenderung di sembunyikan. PR lebih merupakan sejarah sebuah website. Google lebih menghargai konten dan traffic yang berkualitas dari pada sekedar ramai pengunjung.
Dan sebaiknya berhati-hati jika hendak membeli domain yang ber-PR tinggi, apalagi bila harganya murah. Sejarah sebuah website lebih berpengaruh. Apabila web tersebut pernah mencari traffic dari konten pornografi, misalnya, PR yang tinggi tidak akan ada artinya. PR tinggi bisa sekedar memberi informasi bahwa domain tersebut sudah cukup berumur.
Domain yang bernilai adalah apabila setiap posting bisa langsung terindeks oleh google dengan kata kunci apapun, dan mudah naik di SERP google.

4. Speed
Kecepatan loading website kita sangat mempengaruhi authority web di mata manusia. Apalagi saat ini makin banyak orang yang mengakses internet dari cell phone. Perlu diperhatikan bagaimana tampilan web kita agar bisa dengan mudah di akses via cell phone.
Kita bisa memperhatikan nilai CTR dan Bounce Rate website kita di Google analityc. Apabila CTR rendah, tentu saja hal ini tidak baik.
Kenyamanan pengunjung sangat diutamakan google, di sisi lain, sebuah website sangat ditekankan untuk tidak melakukan promosi berlebihan yang sangat mencolok dan mengganggu kenyamanan pengunjung.
Promosi2 dalam bentuk banner, sebaiknya dipertimbangkan penempatannya, agar pengunjung bisa langsung mengakses konten artikel di saat pertama masuk. Sebaiknya hindari banner di bagian header website, above the fold yang dulu bagus untuk berpromosi, namun sekarang sebaiknya dihindari. Jika ingin melakukan promosi, sebaiknya dengan memberikan konten yang menarik.

5. Traffic Source
Google menilai traffict yang berasal dari social media. Bukan berapa jumlah visitor yang dilihat, tapi sumber visitor dari mana.
Ketika kita mampu membranding diri di facebook fan page, misalnya. Traffict dari FP akan masuk ke website kita. Walaupun link yang kita berikan di Facebook tidak terbaca oleh google sebagai backlink, namun kunjungan yang datang ke website kita bisa menaikkan authority website kita dimata google.

6. Backlink
Untuk melihat backlink website kita, bisa melalui webmaster tools, lihat “link to your site, total link”
Walaupun tidak muncul sebagai backlink, tapi  social signal bisa dilihat ada  google analylic. Jadi sebaiknya melakukan branding yang baik di sosial media, karena engagement dari sosial media dinilai sebagai social signal yang baik oleh google.
Engagement ini antara lain: like, comment, atau share di Facebook, atau tweet n retweet di twetter.
Jadi, jangan lupa pasang tombol2 social media di blog utk memudakan itu🙂

Nah, demikian sharing ulang seputar materi mas Agung hari kamis 16 januari lalu.
Ada 23 point yang hendak dibahas, dan ini baru 6. Dan tentu saja, 6 poin yang saya sampaikan disini juga sudah banyak berkurang materinya… lebih enak kalau datang langsung ke kelas dan belajar bersama di SB1M.
Oiya, jika ingin datang mengikuti kelas SB1M, silahkan kontak saya untuk kepastian tempat yaaa, It’s FREE untuk 3x kesempatan datang, tinggal pilih: Selasa di Gd BRI 2 Sudirman, atau Kamis di Bebek Ginyo Tebet, atau Minggu di Bintaro BackYard Cafe

Happy blogging everyone ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s