Mengulang Pola Gagal

“Gagal berpola, sukses juga berpola”
Ini kalimat keren dari Mas J yang paling nempel diingatan saya.
Awalnya bingung juga maksudnya.. Tapi kemudian mulai ngerti, pokoknya lakukan yang biasanya tidak kita lakukan. Kerjakan yang tidak seperti biasanya dulu.

Misalnya saja, contoh kasus, diri saya sendiri. Dulu, saya nggak suka nanya, ngerti nggak ngerti, ditelen sendiri. Kalau nggak ngerti, nanti coba usaha cari tau biar bisa ngerti.
Nah…, saya ubah deh itu kebiasaan irit nanya, jadi pokoknya harus nanya, harus bisa menemukan pertanyaan yg bisa ditanyakan.
Hasilnya…berasa banget ilmunya nambah lebih banyak dan lebih cepat.

Contoh kasus lain, diri saya lagi deh..
Dulu, kalau nggak ditanya, mana pernah saya memberi tahu. Bukan karena nggak mau atau pelit atau sejenisnya.. Tapi saya bingung mau bicara apa? Hehe…
Nah.. Kemudian saya ubah kebiasaan itu. Nggak nunggu ada yang tanya, tawarin diri ajah. “Sinih, gue ajarin, “ya udah, belajar bareng gue aja”, dan sejenisnya.
Hasilnya… Saya punya teman untuk belajar bareng deh.., dan karena saya mengulang dengan cara membagi ilmu itu lagi,, ilmunya jadi makin paham.

Masalahnya, kalau sudah paham pola gagal diubah jadi pola sukses…. Nyeseknya berasa bangeeet, kalau secara sadar tetap melakukan sesuatu yang kita tahu pasti adalah kebiasaan yang termasuk dalam pola gagal, yang seharusnya tidak kita lakukan.
Dan itulah yang terjadi hari ini.
Secara sadar saya mengulangi pola gagal yang sama.
Membiarkan sebuah kesempatan berlalu begitu saja. Lagi-lagi karena mental block yang belum jelas juga penyebabnya😀.
Tapi setidaknya, jadi sadar, bahwa masih ada mental block yang harus di cari tau penyebabnya untuk di temukan solusinya.

Berubah itu memerlukan waktu.

Leave a Reply

