Indahnya Berbagi Cinta Dalam Rumah Tangga

Indahnya berbagi cinta dalam rumah tangga sedang rame yaaah sekarang.
Sebenernya masalah begini trend nya memang akan terulang. Dulu 6-7 th yl, juga pernah rame, seingat sy.
Sampai2 masjid deket rumah nggak mau ketinggalan, mengadakan acara khusus yang sengaja mendatangkan ustad muda (nggak terkenal sih) beserta istrinya, untuk berbagi cerita (saya lupa istrinya yg ikut datang hanya istri pertama atau berserta yang kedua yah? Lupa juga istrinya 2 atau 3 yah?)
Sampai2 juga khutbah sholat ied khatibnya membahas hal ini.
Menggambarkan saking ngetrendnya bahasan ini .
Saya jadi ingin menambakan sedikit, dari pengetahuan saya yang sangat terbatas. 3 hal saja yaa, semoga bermanfaat:
1. Yang banyak orang tidak sadar, adalah bahwa jaman Nabi SAW sering terjadi peperangan, dan sudah pasti banyak korban. Sudah tentu banyak wanita yang menjadi janda, dalam kondisi masih muda belia, dan tentu sajaaa, masih cantik rupawan. Jadi.. Jangan bayangkan Nabi SAW menikah lagi dengan Janda tua yang sudah keriput yaaa .
Artinyaaaa: poligami dengan yang muda dan cantik juga gak apa-apa kok… #Asik-asik enak, kaaan?
2. Walaupun dalam surah Al-Qur’an yang membahas tentang menikah dengan lebih dari satu wanita, di sebutkan juga, yg artinya kira2 begini “… Jika kamu sanggup bersikap adil diantara mereka.” (Ada yang bisa melengkapi surah dan artinya?) Namanya manusia mana mungkin bisa bersikap adil yaaah? Hehe.. Tenang saja.. Karena ketidaksempurnaan seseorang suami, ketika tdk bs bersikap adil terhadap istri2nya.. Bisa ditutupi dengan keridhoan sang Istri. Klop, kan yaaa? Suami gagal bersikap adil pada Istri, namun Istri memaafkan dan Ridho. Lunas nas nass. #Asik-asik enak, yaa.. Yang penting bagaimana agar Istri bisa ikhlas deh
3. Naaah, yang sering terlewatkan, dan tidak banyak orang tau, adalah Nabi SAW pernah menolak dan tidak mengijinkan menantunya, Ali bin Abi Thalib RA untuk menikah lagi. Saya lupa dengan siapa rencananya, karena itu bukan menjadi penyebab. Nabi SAW tidak memberi ijin, kecuali Ali RA bersedia menceraikan Istrinya saat itu, Fatimah bint Muhammad.
Alasan Nabi SAW menolak keinginan menantunya adalah, karena Fatimah adalah wanita yang pencemburu, dan tidak sanggup jika harus hidup dimadu. Dan karena menyadari hal tersebut, Nabi SAW tidak mengijinkan Ali RA menikah lagi, kecuali bersedia menceraikan Fatimah bint Muhammad. #Asik-asik , akhirnya kabar gembira untuk wanita yang tidak rela untuk dimadu.. Boleh kok menolak dimadu. Boleh kok meminta cerai karena suami hendak menikah lagi. Biar sajalah dia memilih siapa. Tidak perlu takut dianggap belum memahami agama sepenuhnya. Karena memang tidak semua wanita sama. Ada yang diberi kelebihan menjadi sangat pencemburu namun begitu perhatian, ada yang sangat tabah dan sabar, ada yang sangat fleksibel dan penurut. Artinya, menolak dimadu tidak ada hubungannya dengan kadar keimanan apalagi pemahaman agama. Menerima dan ikhlas dimadu juga bukan ukuran kesucian hati seorang wanita. Jadi tidak perlu pro ataupun kontra dengan masalah poligami. Selama mereka yang mengalami langsung, ikhlas dan ridha, semoga Allah selalu menjaga keikhlasan mereka. Yang penting adalah sudah “Syah?” , di jawab “Syah!”
Naah, dari 3 poin di atas… Sekarang pesan saya khusus untuk para suami/calon suami,… Hayoo, coba yah.., diperhatikan dan dipelajari baik-baik.. Termasuk tipe manakah istri/calon istri anda? Seberapa besar kadar “pencemburu” yang dia miliki?
Kalau dia tipenya wanita yang sangat pencemburu… Yah sudahlah, berdamailah pada diri sendiri.. Lupakan poligami dari sekarang, kubur dalam-dalam impian anda bercengkrama mesra dengan lebih dari satu wanita .
Sedikit bocoran, nih ya: Biasanya wanita pencemburu tidak akan mengijikan suaminya menikah dengan siapun sebelum kereta jenazahnya berangkat menuju pemakaman. Serem yah.. Namun begitulah adanya.
“Setia sampai mati” atau “Tinggalkan dan jangan kembali.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s