Air Terjun Di Sentul Paradise Park

Ingin melarikan diri sejenak dari jenuhnya hiruk-pikuk Jakarta? Mendekat ke bawah air terjun di Sentul Paradise Park bisa jadi pilihan.
Seperti yang kami lakukan di satu sore yang menjemukan.

Berangkat sekitar jam 2-3 siang, kami menuju arah Sentul City. Perjalanan lancar karena belum masuk jam pulang kantor, tiba di Sentul City bisa menyempatkan diri untuk Ashar di Masjid Andalusia yang sangat nyaman. Sempatkan deh, ke masjid ini, kalau ke Sentul yaa, adem, bersih, dan rapih. Bikin betah berlama-lama ^_^ 

Dari Sentul menuju air terjun, sebenarnya tidak lama. Iya, terasa sekali, ketika perjalanan pulang, ternyata dekat, tidak lebih dari satu jam. Memang selalu begitu, kan? Perjalanan pulang selalu terasa lebih cepat?🙂
Yang pasti, kami sampai di air terjun tujuan sekitar jam 5 sore (kurang2 dikitlaah). Memang sudah terlalu sore sih sebenernya, Kami hanya perlu menikmati pemandangan sejenak, kemudian mendekat ke air terjun, lalu kembali pulang. Selesai.
Eiiits…., tapi banyak yang bisa diceritakan lho, dari kunjungan sesaat itu.
Siap membaca keindahan air terjun Sentul Paradise Park? Versi jujur niiih… Jreng jreng…

Dari Sentul City ke arah air terjun, agak lama karenaaa…, mobil kami berjalan di belakang bus yang harus berhati-hati karena jalanan menanjak yang agak rusak. Untungnya tidak sepanjang jalan. Hanya beberapa ratus meter saja, selanjutnya menanjak dan mulus lus lusss.
Petunjuk jalan menurut saya cukup jelas ya, karena kami nggak nyasar menuju ke sana😀. Sempat bertanya dua kali sih.., sekedar untuk memastikan lokasi tujuan belum terlewatkan. Dan akhirnya kami tiba juga di belokan menuju air terjun. Jreng jreng…

Namanya juga air terjun ya, sudah jelas terjun dari atas ke bawah. Dan menikmati air terjun berarti menikmati pemandangan dari bawah. Kalau sebelumnya jalanan menanjak, maka begitu belokan mendekat air terjun, jalanan mulai menurun. Seru juga, karena jalanan menurun dan tidak mulus. Respon saya pertama kali melihat jalan turunannya, “Ini nanti pulangnya mobil kuat naiknya nggak?” , “Ini beneran bisa dilewati mobil, nih?”.
Begitulah, saking sepinya jalanan, tidak terlihat satu mobil pun, dan misteriusnya suasana.
Ehem, misterius karena kami belum pernah ke sana sebelumnya, jadi sama sekali tidak tahu bagaimana medan tempur yang dihadapi, di tambah lagi hari sudah sangat sore. Syukurnya sampai juga di gerbang pintu masuk Sentul Paradise Park, dan keindahan pun mulai tampak. Jreng Jreng….

Eh, salah. Masih harus menurun dulu sekitar 400 meter lagi, sebelum akhirnya air terjun terlihat.
Masuk ke Sentul Paradise Park biayanya lumayan ya, perorang Rp 20.000,- dan mobil dikenakan Rp 10.000,-
Entah resmi atau tidak, karena kami tidak mendapatkan tiket. Mungkin karena mereka beberapa saat lagi tutup. Hmm… Bukan alasan sih, sebenarnya. Tapi lupakanlah.., mari menikmati jalanan menurun yang menantang dan air terjun yang segar dan basahhh. Jreng Jreng…

Senang rasanya melihat beberapa mobil parkir di bawah dekat dengan air terjun. Mereka nanti bisa naik pulang ke atas, kami juga bisa, mustinya…, haha. Oiya, setelah masuk pintu gerbang utama tadi, dekat dengan air terjun ada pintu lagi, untuk menuju ke air terjun. Dan dari bawah itu, suasananya tidak terlukiskan…
Di satu sisi terlihat air terjun yang mengalir deras dan banyak. Di sisi lain gunung menjulang mulai tertutup kabut. Di sisi lain, hamparan sawah yang baru tanam, bertingkat-tingkat membuat turunan anak tangga. Ooh, indahnya dunia.
Ingin tau apa yang paling mengesankan?
Yang paling mengesankan adalah udara basah yang segar, diantara suara derasnya air. Apalagi ketika kami mendekat tepat ke bawah air terjun. MasyaAllah… Segarnya dunia. Jreng jreng..

Dari tempat kita memarkir mobil sudah sangat dekat dengan air terjun. Di bagian bawah, tepat di bawah air terjun di sediakan jembatan untuk memudahkan. Nyaman sekali, jadi kita tidak perlu berlicin-licin melewati batu2an untuk mendekat. Tempat jatuhnya air pun sengaja halangi dengan batu besar (batu buatan ya?), jadi percikan airnya tidak terlalu menyebar kemana-mana, dan bisa terbentuk kolam kecil di bawah air terjun jika ingin bermain main air. Bener deh. Seru banget. Baru kali ini saya melihat air terjun begitu dekat, dan merasakan derasnya air meniupkan angin segar yang basah. Sangat basah. Jreng Jreng.

Ada beberapa ruang untuk berganti pakaian, ada beberapa pancuran air yang mengucur terus airnya. Tentu saja itu disediakan karena pengunjung yang datang selalu ingin mendekati air terjun, bahkan bisa jadi main air di sana ya. Terbaca juga larangan untuk berman air di bawah air terjun ketika hujan. Hmm.. Berarti kalau hujan airnya lebih deras lagi nih.
Karena kami tidak membawa baju salin, cukuplah sampai di pinggiran air terjun saja. Itu pun sudah lumayan basah. Kami harus bersegera pulang, sebelum gelap. Sekitar jam 5.30 dari air terjun, kembali ke arah Sentul City. Jreng Jreng.

Tidak ada hal yang paling saya syukuri dari awal berangkat sampai tiba kembali di rumah selain: Berhenti dan pulang di saat yang tepat. Hujan. Hujan deras ras ras. Tidak terbayang jika hujan sederas itu kami masih di air terjun. Jalanan menanjak yang lumayan mendebarkan bercampur air bukan tantangan yang layak di tunggu. Apalagi karena suasana mendung, agak berkabut. Alhamdulillah kami sudah di jalan yang agak mulus ketika hujan semakin deras. Dan setelah mampir lagi di Masjid Andalusia, untuk shalat magrib, perjalanan pulang selanjutnya sudah biasa-biasa saja. Tol, kemudian sedikit macet, dan tiba di rumah sebelum jam 8 malam. Perjalanan yang singkat tapi menyegarkan dan basah.😀

Demikian sekilas tentang Air terjun Sentul Paradise Park. Mari kita bahas Info wisata Sentul yang lain yaaah😀
Menghilangkan kepenatan di rumah? Main2 ke Air terjun di Sentul aja. Main air! Jadi jangan lupa bawa baju ganti yaa.
Ohiya, kalau ingin baca-baca tentang serunya berlibur, bisa mampir ke blog teman saya yang isinya khusus tentang liburan dan jalan jalan. Langsung saja ke mari, ya..😀 http://liburanku.co.id/

Air terjun di Sentul Paradise Park

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s